4 Cara Untuk Memperbaiki Dan Mengedit Foto Bawah Air

Konten [Tampil]

foto bawah air

Meninjau foto bawah air pertama Anda sering kali membuat Anda bertanya-tanya di mana letak kesalahan Anda, dengan fotografer yang lebih berpengalaman menghasilkan gambar yang disempurnakan dengan indah yang benar-benar menonjol dari keramaian. Yang benar adalah, sebagian besar gambar bawah air melewati setidaknya sejumlah kecil pasca produksi – dan inilah yang sering memberi mereka sedikit tambahan.

Jangan salah paham, tidak ada jumlah pasca produksi yang dapat memperbaiki teknik yang sangat buruk, dan jauh lebih penting untuk mendapatkan gambar yang benar di kamera sebelum Anda beralih ke komputer Anda. Namun demikian, terkadang yang diperlukan hanyalah beberapa penyesuaian sederhana untuk mengubah foto-foto Anda yang pudar menjadi karya seni. Tutorial ini akan membahas beberapa hal penting yang perlu Anda pikirkan saat mengedit foto bawah air Anda.

Ada berbagai macam perangkat lunak pengeditan yang tersedia untuk tingkat atau anggaran fotografi apa pun. Untuk foto bawah air, saya menggunakan Adobe Photoshop karena saya menikmati pengeditan yang definitif dan presisi yang dimungkinkan. Namun, banyak alat yang digunakan di Photoshop ditemukan di program pengeditan lain, jadi perhatikan kesamaan yang dapat membantu Anda di sepanjang jalan.

Jika memungkinkan, selalu yang terbaik untuk memulai dengan file format mentah. Ini akan memberi Anda banyak fleksibilitas untuk bermain-main secara mendalam dengan warna dan tekstur gambar. Photoshop akan secara otomatis membuka file mentah Anda ke dalam Camera Raw, yang akan memberi Anda semua opsi yang Anda butuhkan untuk mulai mengedit gambar Anda.

4 Cara Untuk Memperbaiki Dan Mengedit Foto Bawah Air

#1 Memperbaiki keseimbangan warna Anda

Mempelajari cara menerangi gambar bawah air Anda dengan benar sangat penting untuk meminimalkan hilangnya warna pada foto Anda. Misalnya, jika Anda bekerja dengan lampu sorot, mengoreksi keseimbangan warna Anda seharusnya tidak menjadi masalah besar dalam proses pengeditan.

Cahaya tambahan yang Anda masukkan ke dalam lingkungan biasanya cukup untuk melawan beberapa warna yang bisa hilang di kedalaman. Namun, jika Anda menggunakan cahaya alami, atau belum memposisikan strobo Anda secara optimal, gambar terkadang bisa hilang dalam semburat kebiruan, dan perlu sedikit dikupas dari cangkangnya yang tidak berwarna.

Untuk ini, kita akan melihat keseimbangan putih dan suhu warna Anda. Mata kita memproses cahaya dan warna dengan sangat berbeda dengan kamera, terlebih lagi di bawah air daripada di darat. Penting untuk dipahami bahwa apa yang Anda lihat seringkali tidak seperti yang akan Anda dapatkan dalam gambar Anda. Gambar bawah air biasanya keluar sedikit biru dan hijau, karena bagaimana spektrum warna turun lebih jauh di bawah permukaan yang kita tuju.

Untuk memperbaikinya, pertama-tama kita perlu mengoreksi white balance, lalu mengubah suhu warna ke ujung skala yang lebih hangat dan menyeimbangkan gambar dengan rona merah, oranye, dan kuning. Ini adalah tiga warna yang paling cepat menghilang di bawah permukaan. Hanya retouch kecil biasanya cukup untuk menghidupkan gambar Anda.

Kiat cepat: jika Anda kesulitan menghilangkan warna aqua dan hijau, coba tambahkan sedikit warna magenta (yang terletak tepat di bawah alat suhu warna Anda).

#2 Memperbaiki hamburan balik

Itu selalu yang terbaik untuk menghindari backscatter dalam gambar Anda dengan pencahayaan yang benar pada foto Anda dan berlatih teknik menyelam Anda dalam kondisi yang baik. Namun, jika Anda menemukan beberapa bintik yang tidak dapat dihindari di foto Anda, ada cara sederhana untuk menghilangkannya di pasca produksi.

Pertama, tergantung pada gambarnya, menggelapkan bayangan Anda adalah cara yang sangat sederhana untuk membuat hamburan balik kurang terlihat. Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat bahwa dengan mengangkat sorotan dan menggelapkan bayangan, hamburan balik di sekitar tepi foto menjadi kurang jelas dan mata Anda malah tertarik ke subjek. Namun, ini hanya akan berfungsi jika Anda memiliki kesalahan kecil pada gambar Anda.

Port panggilan kami berikutnya adalah alat kloning, yang merupakan cara yang teguh untuk membersihkan gambar Anda. Untuk melakukan ini, kita perlu mengklik Camera Raw dan membuka gambar di platform utama Photoshop. Setelah alat kloning dipilih, tekan tombol Alt untuk memilih area di dekat bagian bermasalah dari gambar Anda untuk dihamparkan ke backscatter. Cobalah membidik bagian gambar yang memiliki warna dan nada yang sangat mirip, atau kloning Anda dapat dengan cepat berakhir seperti selimut kain perca.

Jika gambar Anda sangat tercemar dengan hamburan balik dan kloning bukanlah pilihan, ada cara yang lebih mudah untuk menghilangkan bintik-bintik besar yang mengganggu. Pertama, gunakan alat laso Anda untuk menggambar seleksi kasar di sekitar area. Kami kemudian pergi ke Edit > Fill, yang akan membuka kotak opsi untuk Anda. Sangat penting untuk memilih bagian konten Anda sebagai 'Content-Aware', dan centang kotak 'Colour Adaptation' sebelum menekan ok.

Opsi ini akan menghapus hamburan balik dalam pilihan Anda, sambil mencoba mempertahankan warna dan nada yang benar secara otomatis. Dengan teknik pengeditan ini, Anda cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik dengan hanya melakukan pilihan kecil pada satu waktu, karena area yang lebih besar memiliki lebih banyak informasi warna untuk diproses sehingga dapat membuatnya terlihat kesalahan pencampuran. Seperti kebanyakan hal, cara terbaik untuk belajar adalah dengan sedikit coba-coba.

#3 Pengurangan kebisingan

Secara alami, ada lebih sedikit cahaya di bawah permukaan. Untuk mengatasi hal ini di kamera, Anda dapat menaikkan ISO, membuka aperture, atau memperlambat kecepatan rana. Namun, dengan peningkatan ISO, atau hanya dengan mengoreksi eksposur pasca produksi, gambar Anda dapat dibiarkan terlihat kasar dan berisik.

Cara yang baik untuk mengatasi ini, adalah dengan menggeser ke tab detail di Camera Raw, dan turun ke bagian pengurangan noise. Di sini Anda dapat meningkatkan luminance, yang akan mengurangi grain dan secara umum melembutkan gambar.

Dengan melembutkan gambar, Anda secara otomatis kehilangan ketajaman dalam foto Anda, sehingga hanya perubahan sederhana dan bertahap yang benar-benar diperlukan. Sebaiknya perbesar hingga Anda dapat melihat garis besar piksel dengan jelas. Ini akan membuatnya jelas saat Anda mendorong alat terlalu jauh, atau perlu melawan pencahayaan dengan sedikit peningkatan ketajaman lokal di sekitar subjek Anda.

#4 Kejelasan, penghilangan kabut, dan penajaman lokal

Alat kejelasan dan penghilang kabut dalam Camera Raw adalah cara yang bagus untuk menyempurnakan gambar Anda setelah retouching. Tanpa menyatakan yang jelas, mereka tidak hanya menyelamatkan gambar Anda dari ketidakjelasan yang bisa Anda dapatkan di bawah air, tetapi mereka umumnya meningkatkan ketajaman dan definisi.

Namun, alat ini tidak selalu yang terbaik untuk digunakan dalam pengeditan profesional. Dengan peningkatan definisi umum ini, mereka juga dapat secara tidak sengaja meningkatkan saturasi, vibrance, dan kontras gambar ke tingkat yang ekstrem. Anda dapat dibiarkan mencoba untuk mengatasi ini dengan menggunakan beberapa alat lain dan berjuang untuk mendapatkan keseimbangan warna yang benar lagi.

Saya lebih suka menggunakan pengeditan lokal melalui lapisan, yang memungkinkan Anda untuk memoderasi di mana Anda ingin efek Anda diterapkan. Penajaman selektif khususnya adalah cara yang bagus untuk menambahkan sedikit lebih banyak definisi pada subjek Anda, tanpa harus mendefinisikan latar belakang yang sering kali berisik di bawah air.

Ini biasanya dilakukan menjelang akhir pengeditan Anda, ketika Anda dapat dengan jelas melihat bagian mana dari gambar Anda yang perlu menarik perhatian.
Kesimpulannya

Begitu banyak penyuntingan secara umum yang bersifat coba-coba, tetapi yang membuat penyuntingan bawah air menjadi sangat sulit adalah karena tidak ada dua gambar yang sama. Cahaya, warna, kedalaman, dan posisi Anda adalah faktor yang selalu berubah di bawah permukaan, dan apa yang berhasil untuk satu gambar, mungkin tidak berfungsi dengan gambar yang Anda ambil hanya beberapa detik kemudian.

Intinya adalah jauh lebih baik untuk melatih teknik kamera Anda daripada mengandalkan pasca produksi untuk 'memperbaiki' gambar Anda. Namun, beberapa dasar ini akan memberi Anda ide yang baik tentang bagaimana menyeimbangkan foto dan benar-benar membuatnya menonjol.

Hal yang fantastis tentang pengeditan adalah Anda memiliki kebebasan penuh untuk bereksperimen tanpa khawatir, karena perubahan apa pun dapat dengan mudah dibalik dengan file mentah. Aturan umum saya, bagaimanapun, adalah segalanya dalam jumlah sedang!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama