Review Canon EOS M3 di Tahun 2021

Konten [Tampil]

Review Canon EOS M3 di Tahun 2021

Di artikel kali ini aku mau bahas kamera Canon EOS M3 untuk tahun 2021. Sedikit flashback Aku bener-bener pengen banget kamera ini tuh waktu dulu nonton videonya Agung Hapsah sama Reza Arap waktu beli kamera.

Yang bikin excited sama kamera ini tuh sebenarnya dulu kamera ini adalah kamera yang paling populer untuk vlogger, karena yang pertama kamera ini bisa flip screen dan yang kedua kamera ini udah ada microphone input atau udah support microphone external.

Jadi Canon EOS M3 itu bener-bener idaman banget waktu itu, oke enggak usah lama-lama sekarang kita masuk aja ke pembahasan pesan tentang kameranya.

Review Canon EOS M3 di Tahun 2021

Spesifikasi Kamera Canon EOS M3

Kamera ini dirilis di tahun 2015 yang artinya jika dikurangi tahun saat ini 2021 itu udah enam tahun dan itu enggak bisa dibilang masih muda, itu udah cukup berumur sensornya beresolusi 24 megapiksel dengan ukuran sensor aps-c dan mountingnya itu EFM.

Selanjutnya layarnya ini bisa flip screen sampai 180°, lalu kamera ini mendukung perekaman video beresolusi Full HD dengan frame rate 30fps bisa 25 dan bisa 24fps.

Kamera ini mendukung touchscreen ya kulit touchscreen dan mendukung WiFi transfer, kalau dilihat dari bodinya kamera ini masih terbilang compact ya sama kayak pendahulunya Canon eos-m pertama dan Canon eos-m yang kedua bedanya di Canon EOS M3 Ini adanya grip ditangan jadi lebih kerasa enak aja ketika digenggam.

Di bagian atas terlihat di kamera ini mempunyai tiga tombol dial, yang pertama ini mode dial untuk mengganti mode lalu yang kedua ini ada dial depan untuk mengganti settingan shutter speed ataupun apartur secara cepat, lalu di sini ada exposure compensation dial, lalu ada tombol mfn ini adalah multifunction button yang bisa di custom tombolnya mau fiturnya apa, lalu ada hotshoe dan flash internal

Bagian belakang kita menemukan adanya layar dengan ukuran 3 inch full touchscreen, kalau dari atas kanan ini ada tombol record dan playback di grip jempol, lalu dibawahnya ada AF Adjustment ini untuk memilih titik fokus, lalu disampingnya ada ae lock untuk mengunci titik fokus di bawahnya lagi ada iso sekaligus tombol WiFi, di sisi kiri ada manual fokus, di sisi kanan ada flash setting, di bawahnya lagi ada delete, di tengah ada tombol set.

Lalu dibagi bahwa ada info dan ada menu button, di sisi kiri bodi di sini ada switch untuk flashnya biar pop-up lalu dibawahnya ada port mikrofon, lalu dibawahnya lagi adanya port USB, di sisi sebelah kanan cuma ada port HDMI.

Di sini kita enggak menemukan adanya slot untuk sd card yang artinya SD cardnya jelas ada di bagian bawah, cukup merepotkan tapi kita lihat di sisi bagian bawah ada apa aja, yang pertama jelas ada tempat untuk baterai ya di sini ada baterai dengan tipe LP E17, lalu di sini ada tempat SD card lalu ada tripod socket ya untuk tripod, terus ada juga di sini logo NFC yang artinya kamera ini sudah support NFC.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Canon EOS M3

Untuk teknis lainnya sebenarnya sudah banyak banget yang bahas tentang kamera ini aku cuma ngasih pengalamanku aja dari mulai kelebihan kamera ini dan kekurangan kamera ini kita mulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

Pertama, kita semua udah tahu kamera ini udah bisa d-flip screen, jadi bisa gampang banget untuk mengetahui freming ketika selfie atau ketika vlogging

Kedua, kita juga semua udah tahu kamera ini ada microphone port atau microphone inputnya yang menjadikan kamera ini bisa menggunakan microphone external, kita tahu ya kalau misalkan pakai mikrofon internal itu kualitas suaranya agak sedikit gimana gitu agak kurang, tapi kalau misalkan pakai external microphone audionya itu akan jauh lebih bagus.

Ketiga, kamera ini masih compact ya apalagi kalau misalkan dipadukan dengan lensa pancake yang sekarang aku lagi pakai 22 mm F2, jadi enggak terlalu banyak kan space itu untuk dibawa travelling ataupun bepergian yang lainnya.

Keempat, ini ada di warna Canon yang udah enak ya walaupun tanpa banyak diedit ya warnanya itu udah acceptable banget kayak aku biasanya kalau misalkan ngomong bahasa Inggris itu bisa dikomplain jadi bisa diterima baik gitu karena tanpa diread pun udah bagus.

Sekarang kita lanjut kekurangan dari kamera ini:

Pertama, ini yang paling aku keluhkan ya kalau misalkan pas vlogging autofokusnya ini belum dual pixel autofokus, yang mana masih contrast detect gitu ya pas detectnya, cuma memang enggak secanggih autofokus, aku merasa level oto fokusnya itu bisa dibilang cukup aja gitu belum sampai ke level yang bagus.

Kedua, continuous Drive nya itu cuma mentok di 4,2 frame per second nggak bisa dibilang lambat banget enggak, dibilang cepet juga enggak ya sedang-sedang aja gitu ya, karena autofokusnya juga biasa aja nggak cepet kalau misalkan autofokusnya cepet continuous drive 4,2 frame per second itu ya udah yang penting akurat dan pas gitu fokusnya, kalau misalkan enggak pas ya sama aja percuma gitu.

Ketiga, kamera ini belum mendukung perekaman video sampai Full HD 60fps, ya 60fps itu penting nggak penting sih menurutku kadang-kadang gitu ya kita itu butuh shot yang slowmo gitu kalau misalkan 60fps kan dislowmo jadi enak, bisa sih sebenarnya 60fps cuma kita harus ngorbanin resolusi diturunin jadi 720 Pi, agak gimana gitu kalau misalkan diturunin.

Oke sekarang kita langsung aja lihat hasil foto dari kamera Canon EOS M3 ini yuk



Oke begitulah hasil foto dari kamera Canon EOS M3. Lalu apakah kamera ini masih layak atau recommended dibeli di tahun 2021?

Jawabannya:

Dengan segala kekurangannya kamera ini masih sangat sangat recommended untuk dibeli di tahun 2021 dengan catatan kamera ini akan sangat cocok dibeli untuk casual user gitu kayak misalkan buat vlogging, buat selfie, buat OOTD, buat foto produk yang kecil-kecil bisa.

Tapi kalau misalkan buat yang tipenya itu profesional kayak wedding prewedding gitu sebenarnya bisa temenku aja pakai ini yang lagi minjemin kamera cuman kadang dia mengeluhkan kameranya itu kurang maksimal untuk ngejob profesional seperti wedding dan prawedding.

Jadi sebelum membeli kamera ini, cari tahu terlebih dahulu Kamu itu tipenya yang mana? casual user atau profesional user? Kalo Kamu sudah menentukan tipe tersebut, Kamu tinggal menetukan kameranya, aku sarankan kamera ini untuk kasual user saja.

Oke sekian review tentang Kamera Canon EOS M3 Tahun 2021, terima kasih yang sudah membaca, share artikel ini jika dirasa orang sekitar kalian sedang membutuhkannya, komentar jika ada pertanyaan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama