Review GoPro Hero 10 Black Fitur Baru dan Keunggulannya

Konten [Tampil]

The best action cam mungkin itu adalah Kalimat yang cocok atau yang pantas disandang untuk GoPro Hero 10 ini, karena memang untuk sekarang ini GoPro Hero 10 menjadi kamera yang paling bisa dibilang terbaik untuk action cam saat ini, jadi GoPro Hero ten masih cukup nyaman di puncak kejayaannya.

Fitur Baru GoPro Hero 10

Enggak banyak perubahan yang dilakukan dari versi sebelumnya namun di GoPro Hero 10 ini melakukan perubahan yang cukup signifikan pada beberapa fitur-fitur vitalnya, contohnya aja video resolusi, stabilisasi dan juga lainnya.

Walaupun bisa sama-sama di 5.3K dengan GoPro Hero 9 tapi GoPro Hero 10 ini dia sudah bisa sampai 60fps, lagian ngapain juga ya resolusi besar untuk sebuah kamera action cam, kecuali resolusi foto boleh besar kayaknya GoPro Hero 10 ini yang udah diupgrade, terus stabilisasi nya udah di-upgrade juga dan juga satu lagi itu horizon levelnya.

Preview Hasil Video

Desain GoPro Hero 10

Kalau dilihat dari desainnya yang cukup mencolok adalah tulisannya yang berwarna biru mulai dari samping dan juga di bagian depannya ini adalah GoPro Hero 10 udah ketahuan, kalau GoPro Hero 10 itu dilihat pasti tulisan warna biru karena kalau di kamera GoPro sebelumnya itu warnanya putih jadi kurang mencolok.

Dari sektor desain ini juga tidak mengalami perubahan yang cukup signifikan selain yang tulisannya tadi yang saya bilang mulai dari port terus ada tombol-tombolnya speaker ataupun microphone itu sama ya semuanya dan lensanya juga sama atau tutup lensa ini bisa di bongkar pasang dengan digunakannya mods.

Pertanyaan-pertanyaan

Oh ya buat yang nanya GoPro Hero 10 ini saya beli itu garansi internasional karena emang belum resmi di Indonesia.

Jadi pas saya kemarin coba serial numbernya di websitenya GoPro itu masih bisa tembus jadi cukup aman, dan pas saya pertama kali nyoba lain sih emang bahasanya nih masih agak kayak latin gitu ya, tapi kalau bahasa sih pasti bisa diubah.

Kualitasnya GoPro Hero 10 saya rasa udah pasti sama ya, tapi kalau ngomongin harga untuk sekarang ini rasanya sih kecepetan karena memang belum diumumkan secara resmi nanti kita tunggu aja ya di Indonesia.

Keunggulan

Hal yang diunggulkan dari GoPro Hero 10 adalah prosesor terbarunya yaitu menggunakan yang NJV2 jadi ini semacam otak yang digunakan oleh GoPro Hero 10 ini untuk kinerja kameranya agar lebih baik lagi.

Resolusi

Mari sekarang kita bahas fitur-fiturnya ada apa saja, untuk resolusi jelas ya udah lebih modern karena dari versi sebelumnya hanya 12 megapixel kebanyakan kalau Action Cam ya tapi di GoPro Hero 10 ini udah di-upgrade jadi 23 megapiksel yang membuat hasilnya juga jadi lebih tajam walaupun resolusi besar.

Low Light

Kemampuan low light juga bisa diandelin, bisa dilihat dari hasil foto seperti dibawah ini:









Resolisi Video

Nah untuk video walaupun tidak terlalu besar resolusinya ya sedang-sedang aja tapi saya rasa udah cukup banget ya untuk sekelas Action Cam dengan 5K ke 60fps itu udah bisa bikin slowmotion dengan resolusi tinggi.

Tapi kalau mau yang lebih semut lagi kalian bisa pilih yang delapan kali slowmo dengan resolusi full HD 1080.

Stabilisasi

Ngomongin resolusi video nggak luput dari yang namanya stabilisasi, yang kita tahu bahwa GoPro itu dari seri ke-6 dia udah meluncurkan fitur stabilisasi nya yang dinamain itu hypersmooth dan sekarang di GoPro Hero 10 ini sudah sampai pada versi keempatnya.

Menurut saya hasilnya semakin bagus walaupun tidak kelihatan yah khususnya buat kalian yang upgrade dari versi Hero 9 atau hero 8 ke Hero 10 ini itu menurut saya hasilnya memang enggak terlalu kelihatan beda jauh.

Tapi kalau kamu yang bukan dari penguna GoPro sebelumnya terus kamu pindah ke GoPro gitu dengan hypersmooth 4.0 ini itu udah berasa banget mulusnya dan saya rasa di seri hypersmooth 1, 2, 3 itu udah semut banget apalagi yang 4.0.

Preview Vlog Menggunakan GoPro Hero 10

Nah untuk ketahanan akhirnya katanya sini bisa sampai 33 kaki atau 10 m dengan tanpa menggunakan casing tambahan jadi udah bisa buat nyelam sedalam 10 meter.

Aksesoris Tambahan

Sama kayak diversi Hero 9 di GoPro Hero 10 ini dia juga dilengkapi sama aksesoris yang dinamain mods jadi kayak lighting, microphone dan juga layar itu nanti bakal dijual terpisah.

Rekomendasi Stok Baterai

Tapi tentunya kalian butuh lebih banyak pasokan baterai karena kan yang namanya live streaming itu enggak sebentar minimal dua jam.

Kualitas Layar GoPro Hero 10

Bagian sektor layar kini terasa lebih smooth dan juga cukup responsif mungkin juga karena ada bantuan dari prosesor terbarunya yaitu NJV 2 tadi, tapi kadang ada beberapa waktu itu ada yang susah diteken ya jadi harus butuh tenaga sedikitlah apalagi kalau tangan kita lagi licin atau basah itu agak sedikit sulit.

Kualitas UI GoPro Hero 10

UI terasa simple banget pakainya transisinya juga cukup semut untuk settingannya seperti biasa tinggal swipe kiri, atas, kanan, bawah dan kalian juga bisa menempatkan shortcut menu di halaman awalnya.

Saya lupa memberikan penjelasan kalau pas pertama kamu nyalain atau pertama beli nih terus kamu menyalakan GoPro nya itu dia bakal nyuruh update firmwarenya, jadi kamu tinggal sambungin apps-nya nanti kamu bakal dituntun sampai update-nya itu selesai jadi cukup mudahlah.

Mode Pengambilan Gambar

Mode pengambilannya hanya ada tiga pilihan gaya misalnya foto, video dan juga time lapse atau timer. Bagian lensanya ini terdapat beberapa pilihan mulai dari yang paling lebar atau super width itu 16 mm terus ke White dari 16 -34 mm.

Ada linearnya juga buat yang gak mau hasilnya cembung terus ada pilihan linear + horizon leveling ini harus pake Mod lens ya jadi nggak usah dibahas, terus yang paling ngezoom nih ada narrow di 27 mm, kalau dinarrow ini hyper smooth nya itu bakal otomatis di bust, karena jarak pandangnya makin sempit.

Settingan GoPro Hero 10

Settingannya cukup banyak yang bisa kali nemuin ada voice control untuk perintah kamera menggunakan suara terus ada bunyi beep yang bisa dinonaktifkan ada quick capture, screen lock, grid dan juga ini yang pasti banyak yang penasaran soal layar depannya.

Kalian bisa setting kok layar depannya mau dimatiin, nampilin status baterai atau buat review aja itu juga bisa tapi kalau dirasa cukup makan daya baterai ya kalian bisa matiin aja, tapi kalau saya sih tetep ya full-screen sayanglah kalau dimatiin.

Orientation lock jadi bisa kunci misalnya lagi pengambilan posisi potrait atau landscape menunya juga bakal ngikut, terus yang terakhir ini buat media modnya bisa kita swipe lagi ke kiri ada setting wireless buat konekin ke HP dan info lainnya di sampingnya ini settingan yang general nya kek misalnya bahasa layar juga bisa diatur kecerahannya dan masih banyak lagi deh tidak perlu saya sebutin satu-satu ya kalian lihat aja nih.

Pengalaman Menggunakan GoPro Hero 10

Penyakit yang cukup kompleks dari sebuah kamera yang compact itu adalah overheat apalagi ya kalau bukan soal panas, jadi untuk pengalaman saya menggunakan Hero 9 kemarin itu cukup berasa banget panasnya dan di GoPro Hero 10 ini mengalami pengalaman yang cukup menyenangkan karena Panasnya ini enggak terlalu sepanas di GoPro Hero 9 jadi ini udah lebih mendingan atau udah lebih diperbaiki.

Dan satu lagi saya juga tidak menemukan yang namanya ngelag atau freezing seperti hero 9 atau 7 jadi nih pas saya pakai kurang lebih seminggu ya tiga kali penggunaan itu enggak ada sama sekali saya ngalamin hal tersebut.

Lanjut ke bagian video ada settingan warnanya jadi kalau mau di grading lagi kalian bisa pilih flat aja tapi kalau yang mau langsung jadi warnanya pilih vibrant atau natural.

ISO bisa sampai 6400 tapi saya setting maksimalnya itu cuma 3200 saja biar enggak terlalu noise kalau pakai mode auto. Bagian foto juga ada pilihan seperti misalnya super foto, HDR, standar atau Raw.

Kesimpulan

Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya apakah harus upgrade dari versi Hero 9 ke Hero 10 ini menurut saya sih jangan ya, karena mungkin kalian udah tahu beberapa review tentang GoPro yang dulu kalau kamu baca.

Action Cam khususnya di GoPro ini, saya saranin kalau kamu mau upgrade itu harus dua tingkat, misalnya kamu di GoPro Hero 8 ya udah punya nih kalian mau upgrade ya silakan ke GoPro Hero 10, tapi kalau dari GoPro Hero 9 ke 10 itu jaraknya kedekatan.

Saya rasa fitur-fiturnya dan juga kualitasnya itu masih sama aja, jadi nggak usah upgrade tapi kalau kamu pengen upgrade ya terserah kalian karena itu cuma pendapat saya.

Terakhir ini soal harganya prediksi saya untuk Hero 10 ini kisaran 8 jutaan, karena karena versi luar negerinya aja itu sekitar 7,1 Dollar karena kalau masuk ke Indonesia itu lebih mahal lagi karena soal pajak dan lain sebagainya, ya kemungkinan 8 jutaan lah gak beda-beda jauh banget dari versi sebelumnya.

Oke mungkin segini aja pembahasan saya soal GoPro Hero 10 ini semoga membantu kamu yang lagi bingung atau mau beli ya nanti berikan saja komentar di kolom komentar dibawah ini, kalau mau beli dimana ya udah sekian dan terima kasih.

Sumber:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama